7 Tips dan Strategi Memilih Webhosting Profesional

Posted: 15 Februari 2016 in Akuntansi, Teknologi
Tag:, , , , , ,

tips-membeli-hosting

Webhosting adalah bagian penting untuk menjalankan bisnis internet. Banyak  bisnis kecil atau bisnis baru yang memilih webhosting yang paling terjangkau atau tidak mahal.

Pemilihan webhosting yang hanya berdasarkan harga tersebut di satu sisi akan menghemat anggaran. Tapi di sisi lain bisa menimbulkan masalah di kemudian hari jika mendapatkan webhosting yang tidak tepat. Karena itu sebelum membeli kita harus mendapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai webhosting yang akan kita pakai.

Pertama tentukan dulu jenis atau tujuan pembuatan website anda. Misalnya website untuk bisnis, testing, atau sekedar hobi yang tidak menjual apapun. Setelah itu kita baru menentukan jenis webhosting yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Secara global ada dua jenis webhosting yang bisa kita pakai : Webhosting gratis dan Webhosting berbayar. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan panduan sebelum

MEMILIH WEBHOSTING GRATIS :

  1. Biasanya webhosting gratis akan menampilkan banyak iklan di situs anda. Pilihlah webhosting gratis yang penampilan iklannya tidak membuat gerah pengunjung, misalnya pop-up window (iklan yang tiba- tiba muncul begitu situs dibuka).
  1. Perhatikan jumlah webspace yang diberikan. Kalau terlalu kecil, maka kita tidak bisa leluasa menambah konten situs. Apalagi situs yang membutuhkan kapasitas besar untuk video, gambar, suara, dan lain-lain. Hal ini bisa diakali dengan meletakkan materi-materi tersebut di tempat yang terpisah.

Misalnya untuk gambarnya bisa di letakkan flicker.com, dan untuk videonya bisa diletakkan Youtube atau sejenisnya.

  1. Biasanya webhosting gratis sudah menyediakan template gratis atau website builder. Jika anda ingin bebas mendisain situs anda sendiri, pilih webhosting yang mempunyai FTP Access . Dengan FTP acces anda bisa meng-upload file halaman-halaman situs anda melalui email atau browser.
  1. Perhatikan batasan jenis dan ukuran file. Biasanya webhosting gratis membatasi jenis file file tertentu yang bisa di upload serta batas ukuran file yang amat rendah.
  1. Kecepatan access. Ini yang paling penting untuk diperhatikan. Situs yang sering down akan kehilangan banyak pengunjung. Untuk mengetahui hal ini anda bisa mencoba dulu sebelum memutuskan memakainya untuk waktu yang lebih lama.
  1. Perhatikan batas maksimum alokasi pengunjung Banyak webhosting gratis yang membatasi jumlah pengunjung per hari atau per bulannya.
  1. Perhatikan fasilitas yang ditawarkan, counters, search engine, forms, polls, mailing list, dan lain-lain. Semakin banyak fasilitas semakin menguntungkan.

 

NOTE: kalo tujuannya untuk bisnis, tidak disarankan menggunakan hosting gratisan!

 

MEMILIH WEBHOSTING BERBAYAR:

  1. Kecepatan akses. Untuk bisnis, sebaiknya memilih webhosting yang
  1. Transfer data ( traffic bandwidth). Yang dimaksud transfer data / traffic bandwidth di sini adalah jumlah data yang ditransfer dari situs anda ke pengunjung ketika mereka membuka situs tersebut. Pastikan berapa traffic bandwidth yang ditawarkan. Biasanya kalau kita melebihi batas yang ditentukan akan diminta membayar biaya kelebihan tersebut.
  1. Perhatikan kapasitas disk yang ditawarkan. Lakukan survey untuk membandingkan webhsoting yang satu dengan yang lain.
  1. Pilih webhosting yang menyediakan technical support 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini untuk memudahkan anda ketika terjadi masalah teknis dengan situs atau hosting anda.
  1. Pilih webhosting yang menawarkan fasilitas yang lebih banyak. Misalnya shopping cart, SSL (secure server), email, autoresponder, POP3, mailforwarding, FTP, PHP, Perl, SSI, .htaccess, telnet, SSH, MySQL, crontabs dan lain-lain.
  1. Pilih webhosting dengan control panel yang paling sederhana dan mudah sehingga anda tidak akan kesulitan mengatur file atau domain anda.
  1. Harga merupakan satu dari sekian banyak faktor. Jangan sampai karena memilih harga murah kita harus kehilangan banyak pengunjung karena webhosting tersebut mengalami gangguan berkali- kali (sering down). Bandingkan harga dengan fasilitas yang diberikan serta pertimbangkan keuntungan dan kerugiannya.

Note :

Untuk lebih Jelasnya Bisa Klik disini untuk mengetahu cara memilih Domain dan Hosting.
hosting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s